Beda laboratorium bahasa manual, digital dan komputer

Sekolah atau instansi anda akan melakukan pemasangan laboratorium bahasa dalam waktu dekat ini? Lalu, tipe  seperti apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda? Jangan bingung, berikut kami berikan tips untuk memilih tipe labor bahasa yang tepat bagi sekolah atau instansi anda.

Secara umum, produk labor bahasa yang ada di pasaran  terbagi dalam  3 kategori: yakni model manual, digital dan multimedia. Masing-masing jenis laboratorium bahasa tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Laboratorium Bahasa Manual

Laboratorium Bahasa Manual menggunakan perangkat elektronika tanpa microcontroller. Karena tanpa microcontroller, tentu saja fungsi pembelajarannya “hanya” standart. Lab jenis ini untuk pengoperasiannya sama sekali tidak terhubung dengan komputer, sehingga maintenancenya sangat mudah dan murah. Karena sifatnya yang demikian, biasanya lab jenis ini banyak digunakan oleh sekolah setingkat SD atau SMP atau sekolah-sekolah yang ada di pelosok daerah dimana tingkat SDM guru dan teknisi lab tidak membutuhkan skill yang tinggi.

2. Laboratorium Bahasa Digital

Lab Bahasa Digital sudah menggunakan microcontroller untuk mengatur fungsi-fungsi pembelajaran bahasa. Karena menggunakan microcontroller yang diprogram melalaui software, tentu saja fungsi-fungsi lab yang dijalankan bisa lebih banyak dan bervariasi dibanding labor bahasa manual. Lab jenis ini ada yang terhubung dengan software komputer dan ada juga yang tidak. Lab Bahasa WinnerTech model Digital yang harus terhubung dengan komputer adalah tipe WT01SE, WT02, WT03 dan WT04 Wireless. Sedangkan yang tidak harus terhubung dengan komputer adalah tipe dual console WT01DC. Adapun jika laboratorium bahasa yang terhubung dengan komputer tentunya juga mempunyai fungsi yang lebih banyak dibanding yang tidak menggunakan komputer. Beberapa fungsi yang hanya ada di lab bahasa digital yang terhubung dengan komputer adalah : dapat menyimpan database siswa dan kelas, dapat menyimpan data absensi dan nilai siswa, fungsi kamus, fungsi multimedia dan sebagainya.

3. Laboratoroum Bahasa Komputer / Multimedia

Lab Bahasa Multimedia adalah perangkat laboratorium bahasa dimana fungsi-fungsi pembelajarannya 100% dikendalikan melalui software. Oleh karena itu, pada masing-masing client/siswa dan juga master harus terdapat sebuah komputer untuk mendukung fungsi tersebut. Lab bahasa jenis ini juga dapat digunakan sebagai lab komputer.

 

FacebookTwitterGoogle+PinterestRedditStumbleUponDeliciousDiggGoogle BookmarksPrintPrintFriendlyShare